Kampung Iwak Mentaos Terima Ribuan Bibit Ikan

Kampung Iwak 1 dari 5 Kampung Tangguh Banua di Banjarbaru

WARTAKOTA.NET – Kampung Iwak sekaligus Kampung Tangguh Banua yang berada di Kelurahan Mentaos, Kecamatan Banjarbaru Utara mendapat kunjungan dari banyak tamu istimewa hari ini, Jum’at (24/7/20).

Bagaimana tidak istimewa, tamu-tamu itu ialah Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan, Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Kapolda Kalimantan Selatan Irjen. Pol. Dr. Nico Afinta, Danrem 1010 Antasari Brigjend TNI Firmansyah, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Abdul Haris Makkie, serta seluruh Forkopimda Provinsi Kalimantan Selatan.

Kedatangan mereka disambut hangat oleh Wakil Walikota Banjarbaru, H. Darmawan Jaya Setiawan.

Pada kesempatan itu, Wakil Walikota Banjarbaru H. Darmawan Jaya Setiawan menyampaikan bahwa budidaya ikan air tawar mulai berkembang di Kelurahan Mentaos, tepatnya di Jalan Mentaos Timur RW.01 sejak tahun 1991 silam dan terus berkembang hingga saat ini.

Masih kata Darmawan Jaya, tujuan dari pencanangan Kampung Iwak Mentaos menjadi kampung mandiri perikanan adalah pertumbuhan dan peningkatan ekonomi lokal yang berpotensi meningkatkan pendapatan masyarakat, dan memberdayakan masyarakat pada sektor kewirausahaan di bidang perikanan.

Kampung Iwak Mentaos dicanangkan sebagai kampung mandiri perikanan karena potensinya yang besar di sektor perikanan. Foto – Galih Humas Bjb

“Selain itu untuk menjadikan Kampung Iwak Mentaos menjadi lebih menarik dan dapat menjadi salah satu destinasi wisata di daerah perkotaan (Banjarbaru),” terang Darmawan Jaya menambahkan.

Di sisi lain, Darmawan Jaya berharap keberadaan Kampung Iwak Mentaos yang kini juga menjadi Kampung Tangguh Banua ini, dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta menanggulangi agar kondisi perekonomian warga tidak lumpuh.

Di tempat yang sama, Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor berharap dengan adanya Kampung Tangguh Banua ini, seluruh masyarakat akan bisa lebih sadar dan mau bergerak menekan penyebaran Covid-19 dengan benar, sehingga bisa memenangkan pertempuran melawan Covid-19 yang menyerang negeri seperti saat ini.

“Kekuatan terakhir kita ada pada rakyat ini termasuk kekuatan yang sangat luar biasa, melalui konsep tangguh dengan sinergitas dan koordinasi, insya Allah kita yakin pada saatnya virus corona ini dapat kita kendalikan,” ucap Gubernur Kalsel yang biasa disapa Paman Birin ini dengan lantang.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyalurkan bantuan APD kepada 5 Kampung Tangguh Banua di Banjarbaru. Foto – Galih Humas Bjb

Usai acara sambutan, kegiatan kunjungan dalam rangka peninjauan Kampung Tangguh Banua di Kelurahan Mentaos ini dilanjutkan dengan penyerahan bantuan APD (Alat Pelindung Diri) serta ribuan bibit ikan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, kepada perwakilan 5 Kampung Tangguh yang ada di Kota Banjarbaru, lalu dilanjutkan dengan melepaskan ribuan bibit ikan itu ke kolam-kolam yang sudah tersedia. (glh/dm/tet)

What do you think?

Muhammad Arsyad Pimpin FKMKB Hingga 2022

Jadi Korban Perampokan, Lansia Ditemukan Tewas