Karang Taruna Tapin Dorong Generasi Milenial di Desa untuk Produktif

WARTAKOTA.NET – Karang Taruna Kabupaten Tapin terus mendorong para generasi milenial di desa untuk dapat kreatif dan inovatif. Salah satunya dengan memberikan pembinaan usaha ekonomi produktif kepada Karang Taruna Desa Ayunan Papan, Sabtu (10/10/20).

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Lokpaikat Retno Dwi Hastuti, Ketua Karang Taruna Kabupaten Tapin Murtoyo, serta Pengurus Karang Taruna Kabupaten Tapin dan Karang Taruna Desa.

Kepala Desa Ayunan Papan, Sarjaya mengaku sangat senang karang taruna di desanya mendapatkan bantuan untuk usaha ekonomi produktif khususnya budidaya ikan lele.

Sejauh ini lanjutnya, karang taruna di Desa Lokpaikat juga telah membudidayakan ayam potong yang telah menjadi BumDes.

“Kini Karang Taruna Tapin mengelola dua unit usaha, yaitu Budidaya ayam potong dan Ikan lele,” jelas Sarjaya.

Penyerahan bantuan bibit ikan. Foto – Istimewa

Sementara itu, Camat Lokpaikat Retno Dwi Hastuti berharap agar bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan sebaik mungkin oleh Karang Taruna di Desa Lokpaikat.

“Saya berharap bantuan untuk usaha ekonomi produktif tidak hanya di desa Ayunan Papan saja, tetapi desa lainnya yang ada di Kecamatan Lokpaikat,” ucapnya.

Sedangkan Ketua Karang Taruna Kabupaten Tapin, Murtoyo menjelaskan, bantuan yang diberikan berupa 5.000 bibit ikan lele mutiara, pakan ikan sebanyak 90 Kg dan jaring ikan.

Masih jelas Murtoyo, hal ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah melalui Karang Taruna Kabupten Tapin, agar para generasi milenial dapat produktif sehingga mendapatkan penghasilan sendiri tanpa bantuan dari dana desa.

“Generasi milenial diharapkan dapat produktif dan kreatif,” tegasnya.

Terpisah, Ketua Pengurus Karang Taruna Provinsi Kalsel, Dr. Irwansyah, S.Sos.,Msi menyambut baik dan mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Karang Taruna Kabupaten Tapin.

“Semoga kegiatan tersebut dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi jarang taruna lain di kabupaten kota lainnya,” harapnya. (tet)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Ayo Ikuti, Disbudpar Banjar Adakan Lomba Foto Destinasi Wisata

Ketua HIPMI Banjarbaru: Kenalkan Produk Bisa Gunakan Bahasa Jurnalistik