Lama Tak Difungsikan, Pasar Gambut Baru Diisi Pedagang Unggas

WARTAKOTA.NET – Pasar Gambut Baru yang berlokasi di tepian Jalan A Yani Kilometer 14 Gambut, Kabupaten Banjar yang semula direncanakan untuk menjadi lokasi perpindahan dari Pasar Kindai Limpuar Gambut belum juga terealisasi.

Walhasil, lokasi Pasar Gambut Baru itu kini justru diisi oleh para pedagang unggas.

Sejak pagi hari, para pedagang ternak yang didominasi unggas mampir ke pasar yang tak pernah dipakai sejak tahun 2008 lalu ini.

Pedagang ternak yang mengisi lokasi pasar itu berasal dari berbagai daerah. Ada yang dari Gambut, Martapura, Banjarmasin, Banjarbaru, bahkan dari Takisung pun berkumpul di sana untuk berbagi unggas yang mereka jual.

“Di sini lebih banyak transaksi antara pedagang dan pedagang, karena mereka ada yang kehabisan ayam atau itik, jadi beli dari pedagang yang datang ke sini,” ujar pengelola pasar ternak, Iyan, Selasa (14/7/20).

Para pedagang unggas itu merupakan pindahan dari pertigaan Jalan A Yani dan Aluh-aluh Kabupaten Banjar.

Setelah dianggap membuat kemacetan di jalan protokol tersebut, para pedagang pun berinisiatif pindah ke dalam Pasar Gambut Baru yang sejak selesai pembangunannya tak pernah digunakan.

“Total pedagang yang masuk dalam Perkumpulan Pedagang Ternak Terpadu di Gambut sekitar 75 orang. Mulai dari pedagang biasa hingga pedagang dengan pick up yang membawa unggas ke Kalteng,” tutup Iyan. (sai)

Denda Rp 250 Ribu Menanti Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19

Kegiatan Belajar Mengajar di Ponpes Darussalam Kembali Normal