Operasi Patuh 2020, Pelanggaran Kasat Mata akan Ditindak

WARTAKOTA.NET – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar Operasi Patuh 2020 yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, mulai tanggal 23 Juli sampai 5 Agustus 2020.

Seperti yang dilakukan Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Banjarbaru yang melaksanakan operasi ini di beberapa titik di Kota Banjarbaru, Selasa sore (28/7/20). Banyak didapati pelanggaran yang kemudian ditindak oleh petugas.

KBU Sat Lantas Polres Banjarbaru, Ipda Yuwono menyampaikan bahwa kegiatan operasi patuh ini juga berkaitan dengan situasi Pandemi Covid-19.

Sat Lantas Polres Banjarbaru melaksanakan Operasi Patuh di salah satu titik ruas jalan di Banjarbaru. Foto – Istimewa

“Tentunya kegiatan-kegiatan selalu mengedepankan protokol Kesehatan, kemudian untuk sasarannya kita mengedepankan preemtif maupun prekuentif, artinya pencegahan, imbauan juga terkait dengan Covid-19,” ucapnya.

Ipda Yuwono menambahkan, tidak semua pengguna jalan diperiksa. Namun dalam Operasi ini lebih mengutamakan pelanggaran yang kasat mata seperti pengunaan knalpot racing, tidak menggunakan helm, melawan arus lalu lintas, tidak menggunakan kaca spion, merokok sambil berkendara dan masih banyak lagi pelanggaran lainnya.

“Kami (pihak kepolisian) berharap situasi pandemi (Covid-19) ini angka pelanggaran maupun kecelakaan pada operasi patuh dapat ditekan seminimal mungkin,” tuturnya.

Kendaraan roda dua yang tidak dilengkapi dengan plat juga akan ditilang. Foto – Istimewa

Saat pelaksanaan Operasi Patuh 2020 kali ini, Jurnalis Wartakota.net sempat mewawancarai salah satu pengendara yang terjaring Operasi Patuh 2020 di wilayah hukum Polres Banjarbaru.

“Dari Samarinda mau ke Sebamban disetop (diberhentikan) tadi karena knalpot motor saya knalpot racing,” ujar Muhammad Noor, pengendara tersebut. (tet)

What do you think?

Pesepeda Kian Marak, Dishub Banjarbaru Ajukan Kajian Lajur

Maksimalkan Pelayanan, Hotel Ini Terapkan Protokol Kesehatan