Pesan Kijing Kuburan Atas Nama Sendiri

WARTAKOTA.NET – Manusia selalu mempersiapkan segala sesuatunya sebelum bepergian ke suatu tempat. Tentu saja, hal ini dirasa wajar dan biasa terjadi.

Namun, bagaimana jika persiapan itu dilakukan oleh seseorang untuk keperluan dirinya saat meninggal dunia (wafat) nanti? Tentunya hal ini tidak dilakukan oleh banyak orang.

Persiapan itu justru dilakukan oleh Saubari (35) warga Martapura Kota, Kabupaten Banjar. Ia telah jauh-jauh hari memesan kijing kuburan atas nama dirinya, yang nantinya kijing itu akan diletakkan di atas makamnya jika ia wafat kelak.

“Mumpung ada uang, kita beli saja dulu kijingnya, toh mati itu pasti,” ucapnya kepada Jurnalis Wartakota.net, Senin (27/7/20).

Selain membeli kijing kuburan, Saubari juga membeli batu nisan serta alkah untuk kuburnya kelak. Hal itu dilakukannya agar tidak merepotkan orang lain setelah ia meninggal nanti.

Sementara salah seorang pedagang kijing kuburan, Madiah mengaku selama berjualan kijing kuburan ini, ia sering mendapatkan pelanggan yang memesan kijing itu terlebih dahulu.

“Ada yang pesan duluan kaya gitu, biasanya yang kita tulis hanya nama dan bin saja, untuk tanggal wafatnya masih kita kosongi,” ucapnya.

Dikatakan Masdiah, saat ini kebanyakan yang dicari oleh pembeli adalah kijing yang berbahan keramik lantaran harganya yang murah dan proses pembuatannya pun cepat.

“Kalau harga itu tergantung bahan, kalau bahan keramik harganya 350 ribu, tapi kalau marmer bisa mencapai 9 sampai 10 juta per unitnya,” ungkapnya.

Masih kata Masdiah, selain menjual kijing kuburan, ia bersama sang suami juga membuat sendiri kijing-kijing kuburan itu.

“Kalau pesanan itu biasanya mereka minta motifnya yang unik lain dari yang lain,” pungkasnya. (sai)

What do you think?

Yayasan Baitul Maal – PLN Peduli Dukung Program Pemerintah Kota Banjarbaru

Berkas Dukungan Perbaikan Belum Diserahkan