Wisata Religi Makam Datu Kelampaian Kembali Dibuka untuk Umum

WARTAKOTA.NET – Wisata religi Makam Syech Muhammad Arsyad Al Banjari atau yang lebih dikenal dengan Datu Kelampaian, kini telah dibuka untuk umum.

Makam Datu Kelampaian yang berada di Desa Kelampaian, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar ini sudah boleh dikunjungi oleh para peziarah sejak Minggu (15/11/20) kemarin.

Dari pantauan Jurnalis Wartakota.net, ratusan peziarah yang datang dari berbagai wilayah memadati area makam Datu Kelampaian, Senin (16/11/20).

Ulfah, salah seorang peziarah asal Kota Barabai, Kabupaten HST mengatakan, ia datang bersama keluarganya untuk berziarah ke makam Datu Kelampaian.

“Sudah lama pengen kesini, tapi kemarin kan ditutup. Jadi baru bisa hari ini,” ucapnya.

Ulfah mengaku telah lama bernazar untuk berziarah ke makam salah satu ulama kharismatik dari Kalimantan Selatan ini. Namun karena kondisi pandemi Corona, nazarnya itu urung terlaksana.

“Alhamdulillah sudah dapat menunaikan nazar saya,” katanya.

Peziarah memadati area makam Datu Kelampaian.

Dibukanya makam Datu Kelampaian untuk para peziarah ini sangat berdampak terhadap perekonomian warga setempat, terutama para pedagang yang berjualan di sekitar area makam.

“Alhamdulillah sudah mulai ramai peziarah, pembeli pun makin banyak,” ungkap salah satu pedagang, Yunus seraya menambahkan bahwa selama makam ditutup untuk umum beberapa waktu lalu, dagangannya hampir tak ada yang terjual.

“Saya harus mencari kerjaan lain guna memenuhi kebutuhan rumah tangga,” tutupnya. (sai)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Tekan Covid-19, HIPMI Banjarbaru Fogging Puluhan Mobil

Mayat Terapung Bikin Geger Warga